FTP

FTP

SEARCH ENGINE

SEARCH ENGINE

MAIL SERVER

MAIL SERVER

WEB SERVER

WEB SERVER

Selasa, 16 Desember 2008

SEARCH ENGINE

Apa itu Search Engine ?

Search engine disebut juga dengan mesin pencari, dimana sistem yang ada pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Data yang ada pada mesin ini dikumpulkan oleh mereka melalui suatu metoda tertentu, dan diambil dari seluruh server yang dapat mereka akses. Jika dilakukan pencarian melalui search engine ini, maka pencarian yang dilakukan sebenarnya adalah pada database yang telah terkumpul di dalam mesin tersebut. Contoh mesin pencari ini adalah Google, Yahoo, Altavista, SearchIndonesia, dll.

Cara Kerja Search Engine

Hampir semua search engine bekerja dengan tiga point.

1. Web Crawling, dimana dikenal juga dengan sebutan spider. Pertama kali search engine harus mencari file dari databasenya sebelum menampilkan alamatnya, dibantu dengan sebuah software khusus yaitu spider yang dapat memilih informasi yang ada baik dalam memilih informasi yang ada baik dalam ratusan juta halaman web sekalipun serta membuat daftar kata-kata didalam database, proses inilah yang disebut dengan Web Crawling.

2. Indexing, dimana point ini bekerja menyimpan index dari tiap-tiap file yang ditemukan beserta alamatnya. Selain itu dengan proses index dapat juga mempercepat kerja sistem spidering untuk mencari file dalam website yang paling banyak digunakan.


3. Searching, yang lebih kearah penyediaan fasilitas bagi pengguna untuk mencari kata-kata atau kombinasi kata paling relevan yang ditemukan dalam index tersebut.

Biasanya data tentang halaman web disimpan didalam suatu index database untuk digunakan di query kemudiannya. Beberapa search engine, seperti google, menyimpan semua atau sebagian dari halaman sumber (yang disebut dengan cache) begitu juga dengan informasi mengenai halaman web. Halaman yang cached ini selalu memegang pencarian teks karena halaman tersebut yang terindex, sehingga dapat bermanfaat manakala isi dari halaman tersebut telah diperbaharui dan halaman tersebut tidak lagi digunakan.

Jika user datang dan menggunakan search engine serta membuat query, dengan memberi kata kunci yang khas, search engine akan melihat index dan memberikan suatu daftar halaman web yang terbaik sesuai dengan kata kuncinya. Hampir semua search engine mendukung penggunaan boolean operator seperti AND, OR, dan NOT untuk lebih mengspesifikasikan query pencarian.

Tidak ada komentar: